Pages

Ads 468x60px

Kamis, 31 Maret 2016

UJIAN AKHIR TAHUN KELAS 6 PKN (LATIHAN SOAL)

I. Berilah tanda silang X pada huruf A, B, C. atau D di depan jawaban yang paling benar !

1.    Arti penting persatuan dan kesatuan bagi pembangunan bangsa adalah … .
A. mempercepat pelaksanaan pembangunan di berbagai bidang
B. memperkaya khasanah budaya Nusantara
C. menjadi bangsa yang besar sehingga ditakuti negara-negara di dunia
D. mendukung kekuatan bangsa untuk menguasai bangsa lain

2.    Makna Bhineka Tunggal Ika adalah . . . .
       A. berbeda-beda tetapi tetap sama jua
       B. bersama-sama tetapi tetap berbeda pula
       C. berbeda-beda tetapi tetap satu jua
       D. bersama-sama dan tetap bersatu pula

3.    Contoh perilaku menjaga persatuan dan kesatuan bangsa misalnya . . . .
       A. ikut berjuang melawan penjajah
       B.  rukun terhadap teman dan sanak saudara
       C.  menghormati guru dan orang yang lebih tua
       D. menjenguk teman yang sakit di rumah sakit

4.    Di sekolah Anton sedang diadakan pentas tari daerah. Saat itu sedang dipentaskan tarian dari
       daerah lain. Contoh perilaku menghormati keragaman budaya daerah yang dapat dilakukan
       Anton adalah . . . .
       A.   meninggalkan tempat pementasan dengan sopan, karena kurang tertarik
       B. menyaksikan pertunjukan itu meskipun dengan hati terpaksa
       C. mengusulkan kepada panitia agar tarian tersebut dihentikan
       D. menyaksikan acara sampai selesai dengan senang hati

5.    Alex beragama katolik, sedangkan Rio beragama Islam. Pada bulan Desember Alex merayakan
       hari raya Natal. Contoh sikap toleransi dalam kehidupan beragama yang dapat ditunjukkan oleh
       kedua anak tersebut adalah ….
       A. Rio menemani Alex mengikuti peribadatan di gereja
       B. Rio memberikan ucapan selamat hari Natal raya kepada Alex
       C. Alex menemani Rio bermain meskipun hari Natal
       D. Alex memberikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri kepada Rio

6.    Contoh perilaku menghargai dalam pergaulan di lingkungan sekolah berikut ini adalah . . . .
       A.   membiarkan teman lain menulis di dinding pagar dengan cat mereka
B.   mengganti lukisan teman yang akan dinilaikan karena kurang bagus
C.   memberi pujian kepada teman yang tulisannya bagus
D.  meminta teman untuk mengerjakan soal tes dari guru

7.    Perilaku menghargai dalam pergaulan di lingkungan masyarakat misalnya . . . .
       A. menengok tetangga yang sakit di rumah sakit
B.   melaksanakan ronda malam sesuai jadwal
C.   memberi kesempatan umat beragama lain beribadah
D.  hormat dan sopan kepada orang yang lebih tua

8.    Intan, Widi, dan Ruli adalah kakak dan adik yang tinggal dalam satu rumah. Suatu ketika mereka
       bertiga ditinggal ke luar kota oleh kedua orangtuanya. Perilaku hidup rukun di rumah yang
       ditunjukkan oleh ketiga anak tersebut adalah . . . .
       A. Intan menyuruh kedua adiknya membersihkan rumah
B.   Widi dan Ruli menyuruh kakaknya memasak makanan untuk mereka
C.   Intan, Widi, dan Ruli saling menyuruh untuk melakukan tugas
D.  ketiga anak saling membantu menjaga kebersihan rumah

 9.    Perhatikan gambar di bawah ini!
           
                                    I                           II                  III                    IV
           
      

       Contoh hidup rukun di sekolah ditunjukkan oleh gambar nomor . . . .
       A. I
       B. II
       C.   II
       D.   IV

10.  Salah satu kewajiban anak di rumah misalnya . . . .
       A. merapikan sendiri tempat tidur yang sudah digunakan
       B.   menonton acara televisi bersama orang tua
       C.   menggantikan orang tua mencari nafkah
       D. menemani orang tua menemui tamu yang datang

11.  Salah satu cara menerapkan perilaku disiplin di rumah adalah . . . .
       A. mengerjakan PR setelah disuruh orang tua
B.   menyuruh pembantu merapikan tempat tidur
C.   menghentikan setiap pedagang makanan yang lewat
D.  meletakkan sepatu dan tas sekolah pada tempatnya

12.  Salah satu kewajiban siswa di sekolah misalnya . . . .
       A. datang ke sekolah setelah bel tanda masuk dibunyikan
B.   berperilaku sopan dan hormat pada guru
C.   mendapatkan ilmu pengetahuan dari guru
D.  bertanya kepada guru tentang hal yang belum dipahami

13.  Perilaku mentaati tata tertib sekolah contohnya . . . .
       A. menyeberang jalan dengan hati-hati
B.   berpakaian seragam sesuai ketentuan yang berlaku
C.   menolong teman yang jatuh saat bermain
D.  pulang sekolah sebelum bel selesai dibunyikan

14.  Salah satu tujuan dibentuknya peraturan di masyarakat agar . . . .
       A. kehidupan bermasyarakat berjalan dengan teratur
B.   masyarakat mudah diatur dan diperintah
C.   kehidupan di masyarakat sama dan seragam
D.  masyarakat berlimpah harta bendanya

15. Sumber dari salah satu norma yang berlaku di masyarakat adalah . . . .
       A. sopan santun dalam pergaulan
B.   rapat paripurna anggota DPR
C.   keputusan presiden pengganti undang-undang
D.  peraturan mentri dalam rapat kabinet

16.  Sanksi yang diterima jika melanggar salah satu norma yang berlaku di masyarakat adalah . . . .
       A. hukuman penjara sesuai kesalahan
B.   denda berupa uang yang harus dibayar pada kas negara
C.   dijauhi bahkan dikucilkan dari anggota masyarakat
D.  dilaporkan kepada polisi/ yang berwajib

17. Salah satu manfaat dari kerja sama adalah . . . .
       A. tugas hanya dikerjakan oleh teman yang pandai
B.   pekerjaan yang berat terasa lebih ringan
C.   tidak perlu susah payah berpikir
D.  pekerjaan dapat dilakukan oleh satu anak saja


18. Perhatikan gambar di bawah ini!
           
                                    I                           II                              III                        IV
           
       Contoh hidup gotong-royong di sekolah ditunjukkan oleh gambar nomor . . . .
       A. I
       B. II
       C.   III
       D.   IV

19.  Salah satu contoh perilaku menjaga kelestarian lingkungan adalah . . . .
       A. membiarkan kamar mandi dalam keadaan kotor
B.   meletakkan sampah pada sudut ruangan
C.   menyiram tanaman supaya tidak layu
D.  membiarkan tanaman menutup jendela kamar

20. Salah satu akibat karena siswa tidak menjaga kebersihan lingkungan adalah . . . .
       A.   lingkungan menjadi berbau dan kotor
B.   nilai mata pelajaran menjadi menurun
C.   jalan raya macet dan tidak teratur
D.  terjadi erosi dan pengikisan tanah

21.  Salah satu sikap demokratis dalam kegiatan musyawarah di masyarakat berikut ini adalah . . . .
       A. tokoh masyarakat diberi prioritas untuk berpendapat
B.   pengambilan keputusan berdasarkan nasihat sesepuh masyarakat
C.   keputusan yang diambil berdasarkan hasil musyawarah
D.  penyumbang dana terbanyak berhak menentukan hasil musyawarah

22.  Perilaku demokratis di lingkungan sekolah contohnya . . . .
       A. membuang sampah pada tempatnya
B.   memilih ketua kelas melaui musyawarah
C.   memberi salam kepada guru
D.  menolong teman yang jatuh saat istirahat

23.  Salah satu manfaat berperilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari adalah . . . .
       A. perkataan dan perbuatannya dipercaya orang lain
B.   dapat mengerjakan soal-soal yang diberikan guru
C.   memiliki uang yang banyak untuk cadangan hari tua
D.  memiliki badan yang sehat sehingga mampu mengerjakan tugas

24.  Salah satu contoh perilaku bekerja keras sebagai pelajar adalah . . . .
       A. berupaya mendapat nilai bagus meskipun dengan cara yang tidak jujur
       B. mengerjakan sendiri tugas yang diberikan guru dengan penuh tanggung jawab
       C. tidak mau pulang seusai bel sekolah, meskipun teman yang lain sudah pulang
       D. membawa seluruh bukunya ke dalam tas supaya tidak repot menyusun jadwal

25.  Ketika Rita mengerjakan tugas dari guru, acara TV kesayangannya sudah dimulai.
       Salah satu contoh perilaku disiplin yang dilakukan Rita adalah . . . .
       A. Menyaksikan acara TV terlebih dahulu, baru mengerjakan tugas
       B. Tetap mengerjakan tugas meskipun acara TV kesayangannya dimulai
       C. Mengerjakan tugas sambil menyaksikan acara TV kesayangannya
       D. Meminjam tugas yang dikerjakan teman keesokan harinya

26.  Salah satu akibat dari perbuatan korupsi adalah . . . .
       A. merugikan orang lain
       B. merugikan diri sendiri
       C. merugikan diri sendiri dan orang lain
       D. menguntungkan diri sendiri dan orang lain

27.  Perhatikan bagan di bawah ini!

https://kknmdesacikarang2012.files.wordpress.com/2012/08/picture2.png
      







      

       Agar bagan di atas benar, huruf A dan B di atas seharusnya diisi . . . .
       A.   sekretaris dan bendahara
       B.   bendahara dan kepolisian
       C.   sekretaris dan tentara
       D.   kepolisian dan tentara

28.  Penyelenggara pemerintahan di tingkat daerah adalah . . . .
       A.   kepala kelurahan
       B.   Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
       C. bupati kepala daerah
       D. bapak kepala kecamatan

29.  Perhatikan daftar di bawah ini!    
            1.   Presiden
                2.   Wakil Presiden
                3.   Menteri
                4.   Gubernur
                5.   Sekretariat Daerah (Sekda)
6.   Perangkat Daerah
       Dari data di atas yang termasuk perangkat daerah adalah nomor . . . .
       A. 1, 2, dan 3
       B. 2, 3, dan 4
       C. 3, 4, dan 5
       D. 4, 5, dan 6

30.  Perhatikan daftar di bawah ini!
1.       Membentuk peraturan daerah bersama kepala daerah.
2.       memiliki hak interpelasi, hak angket, dan hak menyatakan pendapat.
3.       Membahas dan memberikan persetujuan (APBD) yang diajukan oleh kepala daerah.
4.       memiliki hak mengajukan rancangan peraturan daerah
5.       Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan daerah dan APBD.
6.       berhak meminta pemerintah daerah memberikan keterangan sesuai UU.

       Dari data di atas, tuga anggota DPRD ditunjukkan oleh nomor . . . .
       A. 1, 3, dan 5
B.   2, 4, dan 6
C.   1, 2, dan 3
D.  2, 3, dan 4

31.  Salah satu tugas lembaga penegak hukum di daerah adalah . . . .
       A. melindungi para penguasa pemerintah daerah
B.   menegakkan keadilan pada masyarakat yang membayarnya
C.   menghukum rakyat pada tingkat pemerintah daerah
D.  menegakkan kebenaran dan keadilan di daerah


32.  Salah satu persyaratan sebagai pemilih dalam pemilukada adalah . . . .
       A. badannya sudah besar
B.   dapat membaca dan menulis
C.   tercantum dalam daftar pemilukada
D.  memiliki tempat tinggal milik sendiri

33.  Perhatikan daftar rincian tugas pemilukada di bawah ini!
                1.   merencanakan program dan anggaran serta menetapkan jadwal
2.  menyusun dan menetapkan pedoman teknis tahapan  pemilukada
3.   menetapkan pasangan calon peserta yang telah memenuhi persyaratan
4.   mengesahkan hasil pemilukada dan mengumumkannya  

       Nama penyelenggara pemilukada yang tugasnya tercantum dalam daftar di atas adalah . . . .
       A. Panwasda
B.   KPU
C.   KPUD
D.  Bawaslu

34.  Perhatikan daftar rincian tugas di bawah ini!
1. Menerima berkas Perkara
2. Memeriksa perkara yang diajukan kepadanya
3. Memutus perkara yang diajukan kepadanya
       Nama penyelenggara Negara yang tugasnya tercantum dalam daftar di atas adalah . . . .
       A. presiden
B.   hakim
C.   polisi
D.  menteri

35.  Lembaga legislatif penyelenggaraan negara adalah . . . .
       A. MPR
B.   DPR
C.   Presiden
D.  MA

36.  Salah satu asas pemilihan umum adalah . . . .
       A. khusus
B.   berkesinambungan
C.   terbuka
D.  bebas

37.  Salah satu perilaku rela berkorban untuk kepentingan bangsa berikut ini adalah . . . .
       A. pengemudi membayar tiket pada pintu tol setelah melewati jan tol
B.   para wakil rakyat bertengkar saat sidang di gedung MPR
C.   seorang pelajar rajin menyalin tugas milik temannya setiap hari
D.  petugas kesehatan menjalankan tugas di daerah pedalaman dengan senang hati

38.  Pelaksanaan Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928 di Jakarta menghasilkan . . . .
       A. dasar negara
       B. sumpah pemuda
       C. lambangnegara
       D. kemerdekaan bangsa

39.  Hukum dasar tertulis yang menjadi landasan konstitusional bangsa Indonesia adalah . . . .
       A. pancasila
B.   proklamasi
C.   GBHN
D.  UUD 1945

40.  Salah satu nilai luhur budaya bangsa yang harus dipertahankan dalam keberagaman adalah . . . .
       A. hormat- menghormati
B.   pantang menyerah
C.   rajin menabung
D.  mempertajam perbedaan

 41.  Perhatikan susunan rancangan Dasar Negara di bawah ini!
1.    Peri kebangsaan
2.    Peri kemanusiaan
3.    Peri Ketuhanan
4.    Peri kerakyatan
5.   Kesejahteraan rakyat
Gambar  tokoh perumus  gagasan dasar  negara di atas ialah . . . .               
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjMb9yMxtgo4znHfyB8ylv1pzAGl3dDWene8pVK2i2Msbn5owQ0WwurUG5aCkDYsD3oOQbwfglMjU44qp20VcdzQ3P4mUOArQp6N023RqohQ2GhlRr2dglkkBgFojNU9kiO2KPYimr1V68/s1600/m_yamin.jpg
http://i1015.photobucket.com/albums/af275/fransjava/kihajar-dewantara_zps1fe10d18.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-8Jb8w2a7ceQ/UYvM3eraKdI/AAAAAAAAAmM/971SM0rlf48/s1600/sukarno1.jpg https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj5pnoQPxYmArU0tsxBLNeFSOK4WcRn_nknRN6QSNT97WJe4XfQPO1UyGD_CAK2hPN5GNwxqttLP3x_rDWoBYNfS2fliJaDqdbDnbnIqSCFijFnzsLYlZJOIfh_WmeD6C-B99vxyfaoCJE/s1600/ht.png
 






                                    A                     B                      C                      D

42.  Hasil rumusan dasar negara oleh panitia Sembilan adalah . . . .
       A.  Peri kebangsaan
Peri kemanusiaan
Peri Ketuhanan
Peri kerakyatan
Kesejahteraan rakyat

B.     Persatuan Indonesia
Ketuhanan Yang Maha Esa
Kerakyatan yang berdasarkan permusyawaratan perwakilan
Pemerataan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Kemanusiaan

C.     Ketuhanan Yang Maha Esa
Kebangsaan Persatuan Indonesia
Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab 
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan 
Keadilan sosial
                
D.     Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan sjari'at Islam bagi pemeluknya
Kemanusiaan jang adil dan beradab
Persatuan Indonesia
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat, kebijaksanaan dalam permusjarawaratan/perwakilan
Keadilan sosial bagi seluruhRakyat Indonesia

43.  Salah satu latar belakang berdirinya ASEAN adalah karena adanya persamaan . . . .
       A. warna kulit, yaitu sawo matang
B.   adat istiadat, yaitu tarian dan pertunjukan
C.   nasib, yaitu pernah dijajah
D.  dasar negara, yaitu pancasila

44.  Menyelenggarakan latihan perang bersama dengan negara lain merupakan kerjasama dalam
       bidang . . . .
       A. budaya
       B. ekonomi
       C. pertahanan keamanan
       D. pendidikan

      45.   Bentuk kerjasama di bidang ekonomi dengan negara-negara tetangga misalnya . . . .
       A.   mengadakan tukar menukar pelajar berprestasi
B.   pengiriman tentara untuk misi perdamaian dunia
C.   menyelenggarakan proyek industri dengan negara lain
D.  pertunjukan budaya bersama antar negara ASEAN


46.  Bentuk kerjasama di bidang sosial budaya dengan negara-negara tetangga misalnya . . . .
       A. pementasan seni bersama dengan negara tetangga
B.   pengiriman beras kepada korban bencana alam
C.   pembangunan industri bersama negara ASEAN
D.  bantuan obat-obatan kepada penderita kanker

47.  Indonesia tidak memihak salah satu blok namun ikut aktif melaksanakan perdamaian dunia.
       Pernyataan di atas sesuai dengan asas politik luar negeri bangsa Indonesia,yaitu . . . .
       A. cinta damai
B.   bebas aktif
C.   cinta kemerdekaan
D.  bebas merdeka

48.  Perhatikan gambar di bawah ini!
http://www.penguinbooksindia.com/sites/default/files/styles/book_cover_page/public/author/author_picture/Jawaharlal%20Nehru.jpg%3Fitok=cc8U03WK      







       Gambar di atas merupakan tokoh pemrakarsa gerakan Non Blok yang berasal dari Negara . . . .
A.  Yugoslavia
B.   Mesir
C.   India
D.  Indonesia

49.  Contoh peranan politik luar negeri Indonesia misalnya . . . .
       A. pengiriman tentara dalam misi perdamaian dunia
B.   Impor beras untuk memenuhi kebutuhan pangan
       C. pembelian senjata untuk pertahanan dan keamanan
       D. pembuatan jalan untuk memperlancar sarana transportasi

50.  Peran PBB bagi perjuangan bangsa Indonesia misalnya . . . .
       A. memberi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
B.   mebantu persediaan persenjataan bagi para pejuang
       C. menjadi mediator perundingan Indonesia dan Belanda
       D. membebaskan tawanan perang yang dipenjarakan







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
 
Blogger Templates