I. Berilah tanda silang X pada huruf A, B, C. atau D di
depan jawaban yang paling benar !
1. Arti penting persatuan dan kesatuan bagi
pembangunan bangsa adalah … .
A. mempercepat
pelaksanaan pembangunan di berbagai bidang
B. memperkaya
khasanah budaya Nusantara
C.
menjadi bangsa yang besar sehingga ditakuti negara-negara di dunia
D.
mendukung kekuatan bangsa untuk menguasai bangsa lain
2. Makna Bhineka Tunggal Ika adalah . . . .
A. berbeda-beda tetapi tetap sama jua
B. bersama-sama tetapi tetap berbeda pula
C. berbeda-beda tetapi tetap satu jua
D. bersama-sama dan tetap bersatu pula
3. Contoh perilaku menjaga persatuan dan
kesatuan bangsa misalnya . . . .
A. ikut berjuang melawan penjajah
B.
rukun terhadap teman dan sanak saudara
C.
menghormati guru dan orang yang lebih tua
D. menjenguk
teman yang sakit di rumah sakit
4. Di sekolah Anton sedang diadakan pentas tari
daerah. Saat itu sedang dipentaskan tarian dari
daerah lain. Contoh perilaku menghormati
keragaman budaya daerah yang dapat dilakukan
Anton adalah . . . .
A. meninggalkan
tempat pementasan dengan sopan, karena kurang tertarik
B. menyaksikan
pertunjukan itu meskipun dengan hati terpaksa
C. mengusulkan
kepada panitia agar tarian tersebut dihentikan
D. menyaksikan
acara sampai selesai dengan senang hati
5. Alex beragama katolik, sedangkan Rio beragama
Islam. Pada bulan Desember Alex merayakan
hari raya Natal. Contoh sikap toleransi
dalam kehidupan beragama yang dapat ditunjukkan oleh
kedua anak tersebut adalah ….
A. Rio
menemani Alex mengikuti peribadatan di gereja
B. Rio
memberikan ucapan selamat hari Natal
raya kepada Alex
C. Alex
menemani Rio bermain meskipun hari Natal
D. Alex
memberikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri kepada
Rio
6. Contoh
perilaku menghargai dalam pergaulan di lingkungan sekolah berikut ini adalah
. . . .
A. membiarkan teman lain menulis di dinding pagar dengan cat mereka
B.
mengganti
lukisan teman yang akan dinilaikan karena kurang bagus
C.
memberi pujian kepada teman
yang tulisannya bagus
D.
meminta teman untuk
mengerjakan soal tes dari guru
7. Perilaku
menghargai dalam pergaulan di lingkungan masyarakat misalnya . . . .
A. menengok tetangga yang sakit di rumah sakit
B.
melaksanakan ronda malam
sesuai jadwal
C.
memberi
kesempatan umat beragama lain beribadah
D.
hormat dan sopan kepada
orang yang lebih tua
8. Intan, Widi, dan Ruli adalah
kakak dan adik yang tinggal dalam satu rumah. Suatu ketika mereka
bertiga
ditinggal ke luar kota oleh kedua orangtuanya. Perilaku hidup rukun di rumah
yang
ditunjukkan oleh ketiga anak tersebut adalah . . . .
A. Intan menyuruh kedua adiknya membersihkan rumah
B.
Widi dan Ruli menyuruh
kakaknya memasak makanan untuk mereka
C.
Intan, Widi, dan Ruli saling
menyuruh untuk melakukan tugas
D.
ketiga anak saling membantu
menjaga kebersihan rumah
9. Perhatikan gambar di bawah ini!




I II III IV
Contoh hidup rukun di sekolah ditunjukkan oleh gambar nomor .
. . .
A. I
B. II
C. II
D. IV
10. Salah satu kewajiban anak di rumah misalnya . . . .
A. merapikan sendiri tempat tidur yang sudah digunakan
B. menonton
acara televisi bersama orang tua
C. menggantikan
orang tua mencari nafkah
D. menemani
orang tua menemui tamu yang datang
11. Salah satu cara menerapkan perilaku disiplin di rumah adalah . . .
.
A. mengerjakan PR setelah disuruh orang tua
B.
menyuruh pembantu merapikan tempat tidur
C.
menghentikan setiap pedagang
makanan yang lewat
D.
meletakkan sepatu dan tas
sekolah pada tempatnya
12. Salah satu kewajiban siswa di sekolah misalnya . .
. .
A. datang
ke sekolah setelah bel tanda masuk dibunyikan
B. berperilaku sopan dan hormat pada guru
C.
mendapatkan ilmu pengetahuan
dari guru
D.
bertanya kepada guru tentang
hal yang belum dipahami
13. Perilaku mentaati tata tertib sekolah contohnya . . . .
A. menyeberang jalan dengan hati-hati
B.
berpakaian seragam sesuai
ketentuan yang berlaku
C.
menolong teman yang jatuh
saat bermain
D.
pulang sekolah sebelum bel
selesai dibunyikan
14. Salah
satu tujuan dibentuknya peraturan di masyarakat agar . . . .
A. kehidupan bermasyarakat
berjalan dengan teratur
B. masyarakat mudah diatur dan diperintah
C.
kehidupan di masyarakat sama
dan seragam
D.
masyarakat berlimpah harta
bendanya
15. Sumber dari salah satu norma yang berlaku di
masyarakat adalah . . . .
A. sopan santun dalam pergaulan
B.
rapat paripurna anggota DPR
C.
keputusan presiden pengganti
undang-undang
D.
peraturan mentri dalam rapat
kabinet
16. Sanksi
yang diterima jika melanggar salah satu norma yang berlaku di masyarakat adalah
. . . .
A. hukuman penjara sesuai kesalahan
B.
denda berupa uang yang harus
dibayar pada kas negara
C. dijauhi bahkan dikucilkan dari anggota masyarakat
D.
dilaporkan kepada polisi/ yang
berwajib
17. Salah
satu manfaat dari kerja sama adalah . . . .
A. tugas hanya dikerjakan
oleh teman yang pandai
B.
pekerjaan yang berat terasa
lebih ringan
C.
tidak perlu susah payah
berpikir
D.
pekerjaan dapat dilakukan
oleh satu anak saja
18. Perhatikan gambar di bawah
ini!





I II III IV
Contoh
hidup gotong-royong di sekolah ditunjukkan oleh gambar nomor . . . .
A. I
B. II
C. III
D. IV
19. Salah satu contoh perilaku menjaga kelestarian lingkungan adalah .
. . .
A. membiarkan kamar mandi dalam keadaan
kotor
B. meletakkan sampah pada sudut ruangan
C. menyiram tanaman supaya tidak layu
D. membiarkan tanaman menutup jendela kamar
20. Salah satu akibat karena siswa tidak menjaga kebersihan
lingkungan adalah . . . .
A. lingkungan menjadi berbau dan kotor
B.
nilai mata pelajaran menjadi
menurun
C.
jalan raya macet dan tidak
teratur
D.
terjadi erosi dan pengikisan
tanah
21. Salah satu sikap demokratis dalam kegiatan
musyawarah di masyarakat berikut ini adalah . . . .
A. tokoh masyarakat diberi prioritas untuk berpendapat
B.
pengambilan keputusan
berdasarkan nasihat sesepuh masyarakat
C.
keputusan yang diambil
berdasarkan hasil musyawarah
D.
penyumbang dana terbanyak
berhak menentukan hasil musyawarah
22. Perilaku demokratis di lingkungan sekolah contohnya . . . .
A. membuang sampah
pada tempatnya
B.
memilih ketua kelas melaui
musyawarah
C.
memberi salam kepada guru
D.
menolong teman yang jatuh
saat istirahat
23. Salah satu manfaat berperilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
adalah . . . .
A. perkataan dan perbuatannya dipercaya orang lain
B.
dapat mengerjakan soal-soal
yang diberikan guru
C.
memiliki uang yang banyak
untuk cadangan hari tua
D.
memiliki badan yang sehat sehingga
mampu mengerjakan tugas
24. Salah satu contoh perilaku bekerja keras sebagai pelajar adalah . .
. .
A. berupaya
mendapat nilai bagus meskipun dengan cara yang tidak jujur
B.
mengerjakan sendiri tugas yang diberikan guru dengan penuh tanggung jawab
C. tidak mau
pulang seusai bel sekolah, meskipun teman yang lain sudah pulang
D. membawa
seluruh bukunya ke dalam tas supaya tidak repot menyusun jadwal
25. Ketika Rita mengerjakan tugas dari guru, acara
TV kesayangannya sudah dimulai.
Salah satu contoh perilaku disiplin yang
dilakukan Rita adalah . . . .
A. Menyaksikan
acara TV terlebih dahulu, baru mengerjakan tugas
B. Tetap
mengerjakan tugas meskipun acara TV kesayangannya dimulai
C.
Mengerjakan tugas sambil menyaksikan acara TV kesayangannya
D. Meminjam
tugas yang dikerjakan teman keesokan harinya
26. Salah
satu akibat dari perbuatan korupsi adalah . . . .
A.
merugikan orang lain
B.
merugikan diri sendiri
C.
merugikan diri sendiri dan orang lain
D.
menguntungkan diri sendiri dan orang lain
27. Perhatikan bagan di bawah ini!
![]() |

Agar
bagan di atas benar, huruf A dan B di atas seharusnya diisi . . . .
A. sekretaris dan bendahara
B. bendahara dan kepolisian
C. sekretaris dan tentara
D. kepolisian dan tentara
28. Penyelenggara
pemerintahan di tingkat daerah adalah . . . .
A. kepala kelurahan
B. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
C. bupati kepala daerah
D. bapak kepala kecamatan
29. Perhatikan
daftar di bawah ini!
1. Presiden
2. Wakil Presiden
3. Menteri
4. Gubernur
5. Sekretariat Daerah (Sekda)
6. Perangkat Daerah
Dari
data di atas yang termasuk perangkat daerah adalah nomor . . . .
A.
1, 2, dan 3
B. 2, 3, dan 4
C. 3,
4, dan 5
D. 4, 5, dan 6
30. Perhatikan daftar di bawah ini!
1. Membentuk peraturan daerah bersama
kepala daerah.
2. memiliki hak interpelasi, hak angket,
dan hak menyatakan pendapat.
3. Membahas dan memberikan persetujuan
(APBD) yang diajukan oleh kepala daerah.
4. memiliki hak mengajukan rancangan
peraturan daerah
5. Melaksanakan pengawasan terhadap
pelaksanaan peraturan daerah dan APBD.
6. berhak meminta pemerintah daerah
memberikan keterangan sesuai UU.
Dari data di atas, tuga anggota DPRD ditunjukkan oleh
nomor . . . .
A. 1, 3, dan 5
B.
2, 4, dan 6
C.
1, 2, dan 3
D.
2, 3, dan 4
31. Salah
satu tugas lembaga penegak hukum di daerah adalah . . . .
A. melindungi
para penguasa pemerintah daerah
B.
menegakkan keadilan pada
masyarakat yang membayarnya
C.
menghukum rakyat pada
tingkat pemerintah daerah
D. menegakkan kebenaran dan keadilan di daerah
32. Salah
satu persyaratan sebagai pemilih dalam pemilukada adalah . . . .
A. badannya sudah besar
B.
dapat membaca dan menulis
C.
tercantum dalam daftar
pemilukada
D.
memiliki tempat tinggal
milik sendiri
33. Perhatikan
daftar rincian tugas pemilukada di bawah ini!
1. merencanakan program dan anggaran serta
menetapkan jadwal
2. menyusun dan menetapkan pedoman teknis tahapan pemilukada
3. menetapkan pasangan calon peserta yang telah memenuhi persyaratan
4. mengesahkan hasil pemilukada dan mengumumkannya
2. menyusun dan menetapkan pedoman teknis tahapan pemilukada
3. menetapkan pasangan calon peserta yang telah memenuhi persyaratan
4. mengesahkan hasil pemilukada dan mengumumkannya
Nama penyelenggara pemilukada yang tugasnya tercantum dalam
daftar di atas adalah . . . .
A. Panwasda
B.
KPU
C. KPUD
D. Bawaslu
34. Perhatikan daftar rincian tugas di bawah ini!
1. Menerima berkas Perkara
2. Memeriksa perkara yang diajukan kepadanya
3. Memutus perkara yang diajukan kepadanya
Nama penyelenggara Negara yang tugasnya tercantum
dalam daftar di atas adalah . . . .
A. presiden
B.
hakim
C. polisi
D. menteri
35. Lembaga legislatif penyelenggaraan negara adalah . . . .
A. MPR
B.
DPR
C.
Presiden
D.
MA
36. Salah satu asas pemilihan umum adalah . . . .
A. khusus
B.
berkesinambungan
C.
terbuka
D.
bebas
37. Salah satu perilaku rela berkorban untuk kepentingan bangsa berikut
ini adalah . . . .
A. pengemudi
membayar tiket pada pintu tol setelah melewati jan tol
B. para wakil rakyat bertengkar saat sidang di gedung
MPR
C.
seorang pelajar rajin
menyalin tugas milik temannya setiap hari
D.
petugas kesehatan
menjalankan tugas di daerah pedalaman dengan senang hati
38. Pelaksanaan
Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928 di Jakarta menghasilkan . . . .
A. dasar
negara
B. sumpah pemuda
C. lambangnegara
D. kemerdekaan bangsa
39. Hukum dasar tertulis yang menjadi landasan konstitusional bangsa
Indonesia adalah . . . .
A. pancasila
B. proklamasi
C. GBHN
D.
UUD 1945
40. Salah
satu nilai luhur budaya bangsa yang harus dipertahankan dalam keberagaman
adalah . . . .
A. hormat- menghormati
B.
pantang menyerah
C.
rajin menabung
D.
mempertajam perbedaan
41. Perhatikan susunan rancangan Dasar Negara di bawah ini!
1. Peri kebangsaan
2. Peri kemanusiaan
3. Peri Ketuhanan
4. Peri kerakyatan
5. Kesejahteraan rakyat

![]() |
|||||||
![]() |
|||||||
![]() |
![]() |
||||||
A B C D
42. Hasil rumusan dasar negara oleh panitia Sembilan adalah . . . .
A. Peri
kebangsaan
Peri kemanusiaan
Peri Ketuhanan
Peri kerakyatan
Kesejahteraan rakyat
B.
Persatuan Indonesia
Ketuhanan Yang Maha Esa
Kerakyatan yang berdasarkan
permusyawaratan perwakilan
Pemerataan keadilan sosial bagi seluruh rakyat
Indonesia
Kemanusiaan
C.
Ketuhanan Yang Maha Esa
Kebangsaan Persatuan Indonesia
Rasa kemanusiaan yang adil dan
beradab
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah
kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Keadilan sosial
D.
Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan sjari'at Islam bagi pemeluknya
Kemanusiaan jang adil dan beradab
Persatuan Indonesia
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat,
kebijaksanaan dalam permusjarawaratan/perwakilan
Keadilan sosial bagi seluruhRakyat Indonesia
43. Salah satu latar belakang berdirinya ASEAN adalah karena adanya persamaan
. . . .
A. warna kulit, yaitu
sawo matang
B.
adat istiadat, yaitu tarian
dan pertunjukan
C.
nasib, yaitu pernah dijajah
D. dasar negara, yaitu pancasila
44. Menyelenggarakan
latihan perang bersama dengan negara lain merupakan kerjasama dalam
bidang . .
. .
A. budaya
B. ekonomi
C. pertahanan keamanan
D. pendidikan
45. Bentuk kerjasama di bidang ekonomi dengan
negara-negara tetangga misalnya . . . .
A. mengadakan tukar menukar pelajar berprestasi
B. pengiriman tentara untuk misi perdamaian dunia
C. menyelenggarakan proyek industri dengan negara lain
D. pertunjukan budaya bersama antar negara ASEAN
|
|
46. Bentuk
kerjasama di bidang sosial budaya dengan negara-negara tetangga misalnya . . . .
A. pementasan seni bersama dengan negara tetangga
B. pengiriman beras kepada korban bencana alam
C. pembangunan industri bersama negara ASEAN
D. bantuan obat-obatan kepada penderita kanker
47. Indonesia tidak memihak salah satu blok namun ikut aktif
melaksanakan perdamaian dunia.
Pernyataan di atas sesuai dengan asas politik luar negeri
bangsa Indonesia,yaitu . . . .
A. cinta damai
B.
bebas aktif
C.
cinta kemerdekaan
D. bebas merdeka
48. Perhatikan
gambar di bawah ini!

Gambar di atas merupakan tokoh pemrakarsa gerakan Non Blok
yang berasal dari Negara . . . .
A. Yugoslavia
B. Mesir
C. India
D. Indonesia
49. Contoh peranan politik
luar negeri Indonesia misalnya . . . .
A. pengiriman
tentara dalam misi perdamaian dunia
B.
Impor beras untuk memenuhi
kebutuhan pangan
C. pembelian senjata
untuk pertahanan dan keamanan
D. pembuatan jalan untuk
memperlancar sarana transportasi
50. Peran
PBB bagi perjuangan bangsa Indonesia misalnya . . . .
A. memberi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
B. mebantu persediaan persenjataan bagi para pejuang
C. menjadi
mediator perundingan Indonesia dan Belanda
D. membebaskan
tawanan perang yang dipenjarakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar